Please enable JavaScript

Bingung nih, Pilih blog atau Youtube?

Halo teman-teman, saya akan menjawab pertanyaan yang ada pada diri saya sendiri. Mungkin disini kamu juga mengalami seperti yang saya rasakan. bagusnya saya fokus di Youtube atau Blogger? itulah pertanyaan yang sering muncul.

Oke.. kita lanjutkan pembahasannya.

Blogger adalah tempat menulis. Entah itu tulisan berupa tutorial, Tips, opini atau sekedar curhat. Selain itu juga blog adalah tempat untuk Protfolio dan marketing suatu bisnis. Sangat cocok untuk orang yang suka menulis.

Youtube adalah cocok untuk orang yang memiliki kreatifitas dan bakat tertentu. Misalnya penyanyi, maka yotube adalah tempat yang cocok buat mereka.

Source : Pixabay.com

Lalu bagaimana jika kamu adalah orang yang tidak punya bakat menulis dan tampil di depan kamera?

Saya rasa mustahil seseorang tidak mempunyai bakat sama sekali. Pasti setidaknya ada pengetahuan dan bakat yang belum tergali dengan optimal. Lakukanlah pengembangan diri dan bila perlu belajar mengenali minat dan bakat kamu.

Jika sama sekali tidak punya bakat yang menonjol, setidaknya punya minat yang menggebu-gebu dan kamu bersedia mempelajarinya. Itu cukup... karena bakat itu akan semakin muncul dan tumbuh jika sering diasah. Belajar... belajar... dan belajar.

Sekarang kita lanjut tentang kelebihan dan kekurangannya.

Blogger

Kelebihan nya adalah sangat mudah, orang awam pun bisa menulis. Bisa menulis kapan saja dan dimana saja. Blogger itu menurut saya kebanyakan teori. Asal tahu dan mengetahui suatu pengetahuan itu cukup. Tetapi bukan tulisan asal-asalan, semua itu harus dipertanggung jawabkan tentang tulisan yang kita tulis.

Kelemahannya blog itu sangat mudah di salin orang lain atau blogger lain yang tidak bertanggung jawab. Minimal paham sedikit tentang SEO dan coding agar tampilan blog menarik dan membuat pembaca betah. Selain itu juga minat orang kini beralih ke dunia Video dan konten, dunia baca sangat rendah.

Youtube

Kelebihan youtube adalah kontennya yang interaktif dan unik. Itu karena ide para kreatornya yang kreatif. Youtube menurut saya lebih baik daripada blogger, karena membuat dan mengurus channel youtube itu butuh kreatifitas yang tinggi. Dan Youtube adalah flatform yang cocok untuk belajar karena belajar lewat youtube itu lebih menyenangkan dan belajar dari orang yang bener bener tahu apa yang ia sampaikan. Berbeda dengan blog, kita tidak tau apakah pemiliknya orang yang kompeten atau orang awam yang sekedar copy paste tulisan orang lain. Selain itu juga youtube tidak seribet blogger jika bicara masalah SEO-nya.

Kelemahannya, yaitu membuat video tentu lebih banyak effort-nya. Modal yang diperlukan juga lebih banyak daripada membuat blog. Kamu juga harus bisa editing dan mengolah video menjadi unik dan kreatif. Itu tantangannya.

Sekarang saatnya mengambil keputusan. Pilih blog atau youtube?

Untuk langkah awal pilih keduanya saja. Blog itu gratis dan youtube juga gratis. Nanti seiring perjalanan waktu kamu akan menemukan jalan yang harus dipilih. Kamu harus fokus di mana?

Sebagai perbandingan saja. Saya dulunya lebih suka menulis dan tidak bisa edit-edit video. Saya hanya bisa bermain musik dan Menulis saat itu. Saat itu saya membuat blog saja dan menuliskan hobi saya di blog, akan tetapi seiring berjalan waktu. Saya pikir menulis di blog itu banyak dicuri orang dan persaingan-nya lebih ketat karena ya itu tadi, menulis di blog lebih gampang daripada membuat konten video di youtube. Dan saya sekarang mulai beranjak belajar ke dunia Video. Biarpun membuat video itu lebih sulit tetapi saya rasa lebih seru aja. Dan ada kepuasan tersendiri.

Blog sebagai teori dan youtube sebagai praktiknya. Jika dipadukan tentu akan meningkatkan integritas penulis itu sendiri. Dan para pembaca atau follower akan setia dan percaya terhadap konten yang disajikan.

Perhatian !
Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dilarang keras berkomentar mengandung kata pornografi, sara, politik, jualan atau promosi, ujaran kebencian dan menyudutkan pihak tertentu. Bijaksanalah dalam memberi komentar. Terima kasih
0 Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Kategori dan Label